Friday, June 6, 2008

Fuel Consumption Scorpio Z 225 CC, Irit Abissss..

Harga BBM naik membuat aku harus mikir-mikir setiap harus mengisi bahan bakar ke tangki Yamaha Scorpio Z 225cc kesayanganku. Sempat mikir juga apakah harus mengganti motor ke cc yang lebih kecil untuk menghemat pengeluaran. Tapi sayang juga, mengingat motor ini luar biasa nyaman dan tangguh. Untuk memastikannya kulakukan riset kecil-kecilan untuk menghitung konsumsi BBM motor ini.

Ketika motor sudah ngikngok tanda bensin sudah mulai habis dan harus switch ke tangki cadangan (Res), aku segera ganti ke res dan ngacir ke pom bensin terdekat. Kemudian isi tangki sebanyak 10 liter. Setelah itu set pencatat jarak tempuh menjadi 0000. Setelah itu biarkan lah (jangan lupa kembalikan keran tangki ke posisi normal). Dan lalu berkendara seperti biasa.

Beberapa hari kemudian, motorku mulai ngikngok lagi, tanda bahan bakar sudah hampir habis. Segera kuputar keran ke posisi res. Setelah itu aku lihat kembali posisi pencatat jarak tempuh. Wow, menakjubkan ternyata tertera 373, 5 kilometer. Artinya setiap satu liter bensin, bisa menempuh jarak 37,35 kilometer.

Wah ternyata Scoprio konsumsi BBM nya gak jauh-jauh amat dari motor bebek. Gak jadi lah ganti ke motor cc kecil kalo demikian. CC gede, konsumsi BBM irit, itu dia yang dicari.

6 comments:

QORIANIESME said...

make sepeda aja ,om
ngirit banget

Taufik said...

Yup betul itu, make sepeda bisa ngirit dan bisa sehat...

sepakat

Anonymous said...

disarankan utk tdk menjual pionya, hal ini di karenakan harganya brojol kalo di jual seken, understood bang.

Anonymous said...

nggak gitu kok bro.... scorpio z yang merupakan the best of IMOTY 2008 dikelasnya ternyata mengkonsumsi BBM 1 ltr sejauh 28,9 KM..... lebih parah lagi v-ixion yang cuma 26 KM.

apa dirimu udah ganti velg??? itu bisa menyebabkan speedometer gak menghitung dengan benar jika gear ratio nya lom di sesuaikan.

Ane juga pengguna Scouzie si kalajengking besi :P

Teguh said...

bah irit kali motornya
oh ya dipake di Banda aceh yg jarang macet ya bang heheh
kalo di jkt rata2 konsumsi bensin scorpio 1;28 - 30 dah paling manteb
makanya top banget tuh pio nya
jgn dijual!!

Anonymous said...

Honda Tiger 1:35km/l
Yamaha scorpio 1:30km/l
Ninja 250 1:17km/l
Ninja RR 150 1:25km/l
Yamaha Vixion 1:50km/l
Honda CBR 150 1:35km/l
Bajaj pulsar 200 1:45km/l
Bajaj pulsar 180 1:50km/l
Suzuki FXR 150 1:35km/l

http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=25&t=8265